Sabtu, 15 Oktober 2011

Kabel Fiber Optic "tecnologi mutahir"

Hey Sob.
Kali ini saya akan menjelaskan tentang yang sedikit berbeda kali ini, saya akan menjelaskan tentang kabel Fiber Optic. Fiber optic ( FO )adalah sejenis media pentrasmisian data yang terbuat dari serat kaca atau plastic yang memiliki inti dalam sekitar sehelai rambut. FO adalah kabel yang menggunakan sinyal cahaya data sebagai kelebihan kabel ini, kabel FO ini merupakan kabel yang paling mutahir pada saat ini.

Bagian-bagian kabel FO.
  1. Jacket merupakan bagian paling terluar dari kabel FO.
  2. Buffer merupakan bagian yang melindungi Cladding.
  3. Cladding merupakan serat pelindung dari inti Fo. Cladding ini juga memberikan warna pada FO.
  4. Core merupakan Inti dari kabel FO. Core ini kecilnya sangat kecil, lebih kecil daru sehelai rambut dan core ini sangat rapuh/ mudah patah.
Hal yang perlu diperhatikan pada saat pengupasan lapisan kabel FO adalah:
  • Kupas satu per satu bagian kabel FO.
  • Pada saat pengupasan serat CLADDING harus sangat berhati-hati, karena cladding lebih tipis dari pada Buffer dan agar tidak merusak core.
  • Setelah selesai memotong bersihkan bagian Core dengan Tisu yang diberi Alcohol, agar bagian inti FO tersebut setiril dari debu atau pun kuman
Alat potong khusus untuk kabel FO
Dinamakan "CUTTER FO", yang memiliki keakuratan pemotokan yang tinggi, dan digunakan agar tidak terjadi pemotongan yang miring, seperti menggunakan pisau.
17 mm merupakan batas potong Fiber, yang  menjadi patokan adalah Cladding.



Alat untuk mennyambungkan kabel FO

Dinamakan "SPLICING MACHINE".
Dimana alat ini dapat menyambungkan FO dengan smpurna tanpa terlihat sambungannya dengan kasat mata.








Tecnik penyambungan kabel FO.
Teknik penyambungan bukan kita yang mempersatukan kedua ujung FO, melainkan kita hanya mendekat sedekat mungkin kedua ujung FO ( jang sampai bertemu ), dengan ujung jarum las.






Pelingdung untuk sambungan FO
Dinamakan "SPLECI PROTECTOR", agar bagian yang telah disambung terlindungai dari debu, kuman dan yang pasti harus melindungi dari "kepatahan"






HARGA-HARGA
Menurut Kang DANIS yang merupakan seorang yang sudah lama berkecimpung di Dunia IT, sekaligus Guru les gratis saya pada saat di Vila Dream Land-Bali.
  1. Kabel FO = Rp. 35.000/meter pasaranya.
  2. Cutter dan Splicing merupakan satu set berada dalam satu box yang cukup besar, yang berisi alat2 penyambungan kabel FO = Rp. 180.000.000
  3. Splice Protector = Rp. 25.000 yang murah.
  4. Dan yang mumbuat saya tergiur adalah untuk satu sambungan kabel FO dikenakan biaya Rp. 400.000/sambungan. (harga versi Brow DANIS)

SOOOO...!!!!!
Hanya itu yang dapat saya berikan kali ini, semoga berguna bagi kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar